Toko Tas Branded Original

IKLAN BARIS

Tabita
Supplier terbesar tabita skincare di Indonesia, harga lebih murah dan terjangkau
Website : tabitaskinonline.com
Tabita Skin Care
Melayani grosir dan retail, harga khusus untuk reseller.
Dijamin 100% asli
Website : www.tabitacreamtabita.com

Monday, November 19, 2012

Tips Melaksanakan Umroh

Tips ini merupakan ulasan balik yang ditulis langsung di Baratayudhana’s Blog.  Penulis (Dedik Setiawan) tinggal di Jeddah. Jadi mudah-mudahan tipsnya sangat bermanfaat untuk anda yang akan melaksanakan ibadah Umroh.

Berikut Ini adalah Kutipan Tips nya : 

Karena aku tinggal di Jeddah, jadi setiap saat aku bisa umroh
Mungkin aku bisa berbagi bagi siapa saja yang mau atau akan melaksanakan umroh
  1. Persiapkan mental, selain duit tentunya. Enggak perlu mikir macam-macam,lillahi ta’ala,ikhlas…minta pertolongan dan kemudahan selalu kepada Allah
  2. Persiapkan obat-obatan,seperti obat sakit kepala (karena cuaca panas), obat pelemas otot dan persendian (bagi yg jarang beraktivitas, pasti kaget karena kecapaian) obat batuk, plaster kalau perlu dan obat yang lain (gak perlu semuanya,seperlunya saja). Persiapkan juga sabun mandi cair botol kecil, kalau tiba2 anda merasa ingin berak, bisa untuk membersihkan tangan, karena terus terang wc-wc di masjidil haram bentuknya jongkok dan maaf, isi di dalamnya kelihatan (mirip seperti wc indonesia tahun 80an)Pelajari doa-doa yang penting, jika tak ada waktu menghafal, anda bisa membawa buku doa kecil, banyak orang yg melakukan ini.
  3. Perbanyak berdoa di safa dan marwah, tidak perlu terlalu terburu-buru menyelesaikan putaran sai, karena tempat ini ijabah
  4. Bawalah kacamata hitam pelindung di siang hari, karena cuaca yang terik.
  5. Untuk yang lelaki, surat-surat penting, HP mending dibawa di tas kecil yg dilingkarkan di pinggang
  6. Bawalah sandal jepit dan tas kresek plastik. Simpan sandal jepit di kresek itu,bisa anda bawa waktu tawaf & sai,atau anda taruh di rak-rak yang sudah disediakan didalam masjidil haram (Saran saya mending tas kresek berisi sandal itu ditenteng aja, karena waktu selesai dari sai, anda tak perlu mencari-cari lagi, dan kadang sandal-sandal yang ditaruh di rak pun tersapu oleh petugas kebersihan, jadi anda menghemat waktu&tenaga, tidak perlu harus balik mencari rak itu).
  7. Untuk yang wanita, sebaiknya memakai baju gamis hitam, untuk menghormati adat di Arab Saudi, meski baju putih juga tidak mengapa, tapi jangan yang ketat, anda akan mengganggu kekhusyukan jamaah pria.
  8. Kalau anda membawa uang, jangan terlalu berlebihan, bawa secukupnya, jika anda berada di masjidil haram, bawa tas kecil saja, isi dengan uang pecahan kecil.
  9. Jika umroh anda di hari Jum’at, persiapkan makanan kecil di tas (tapi jangan diperlihatkan waktu masuk masjidil haram, karena tidak diperbolehkan. Habis sholat jum’at, warung, restoran cepat saji semua penuh orang mengantri, jadi lebih baik bawa bekal dari rumah,tak perlu bawa aqua,karena sudah ada air zam-zam dimana-mana.
  10. Saya kira, peralatan yang paling penting justru handphone, karena jika anda terpecah dari rombongan,maka anda bisa menghubungi teman atau kepala rombongan anda. Tulis semua nomor penting dari teman2 umroh,jika anda membawa anak kecil,jgn sampai terpisah,kalau perlu beri dia hp. Anda bisa membeli nomor lokal Saudi, ada kartu SAWA/STC, Mobily atau Zain, untuk meminimalisir roaming.
  11. Jika anda kelelahan setelah tawaf, jangan paksakan langsung sai, anda bisa selonjoran sebentar, membuang penat
  12. Perhatikan selalu tanda-tanda seperti lampu hijau saat memulai tawaf, tanda bukit safa, dan lampu hijau saat lari-lari kecil sai.
  13. Jika anda berkeinginan mencium hajar aswad, cari waktu yang benar-benar tepat dan lengang, apalagi jika untuk perempuan, agak sedikit susah karena harus berebut dengan banyak laki-laki. Waktu yang agak lengang biasanya sebelum subuh, mengantrilah sebentar untuk mencium hajar aswad,dan jangan lama-lama, kalau kelamaan, yang belakang anda pasti marah.
Ini hanya tips untuk fisik saja, yang nampak dan akan anda lalui selama di masjidil haram
Selainnya, anda bisa mencari referensi atau banyak bertanya pada yang sudah pernah melakukannya, kalau bisa bertanya pada yang mengerti alias berilmu, karena banyak sekali amalan-amalan yang dilakukan jamaah umroh yang justru tidak ada tuntunannya alias bid’ah, bathil.
Berhati-hatilah akan hal ini.
Persiapkan benar-benar fisik anda,banyak minum madu sebulan sebelum berangkat,agar terjaga kondisi, dan minum vitamin selama melaksanakan ibdah umroh ini
Sebagai contoh,saya minum madu terus tiap hari dan minum vitamin waktu ibadah haji,diantara teman-teman saya,cuma saya dan istri yang alhamdulillah terhindar dari batuk pilek & stamina masih bagus,sementara teman-teman yang lain sudah terserang flu dan kelelahan.
Sekali lagi, tanamkan ikhlas…ikhlas…dan ikhlas, buang jauh-jauh keinginan untuk membawa oleh-oleh ini itu.
Nanti bisa anda pikirkan setelah ibadah umroh anda selesai.
Hindari betul riya’….percuma anda jauh-jauh dan keluar biaya mahal, tetapi hanya mendapat lelah dan dipuji orang, namun tak mendapat ridho Allah.
Mudah-mudahan Allah ridho dan menjadikan anda pribadi yang lebih baik dari hari ini.
Amiiinnn……ahlan wa sahlan, selamat datang di Mekkah

Sumber : http://baratayudhana.wordpress.com/2010/07/04/tips-waktu-umroh/ 


 

0 comments:

Post a Comment

Iklan Link

Tabita Skin Care
Distributor cream tabita skin care original harga lebih murah dan bersaing..
Website : tabitabeauty.com
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review | Web Design